Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dengan EksplorasiLingkungandi TK Nurhakam

Authors

  • Melia Khaerunnisa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lia kurniawaty Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Delina Kasih Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i4.1555

Keywords:

Kreativitas, Anak Usia Dini, Eksplorasi Lingkungan

Abstract

Pembelajaran yang bersifat formal dan struktual dan hanya mengedepankan kepada model calistung bagian anak usia dini membuat kurangnya kreativitas anak dalam pembelajaran dan membuat anak merasa bosan dan jenuh. Maka peneliti menggunakan eksplorasi lingkungan dalam pembelajaran. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak setelah di lakukan pembelajaran dengan cara eksplorasi lingkungan di Tk Nurhakam. Penelitian Tindakan kelasini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart, di mana setiap siklusnya menggunakan Tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Bila siklus I belum mencapai nilai kriteriamaka di lanjutkan kepada Siklus II bila di siklu II sudah mencapai nilai rata rata kriteria maka penelitian di hentikan Berdasarkan hasil yang di peroleh selama pelaksanaan Penelitian Tindakan kelas dari Prasiklus persentasesi wamasih rendah di bawah nilai rata rata hasil kolaboratif dengan para guru mencapai 48,75 %. Pada Siklus I setelah di terapkan metode pembelajaran dengan cara Eksplorasi Lingkungan mengalami peningkatan menjadi 62,2 %. Karena belum mencapat 80% maka di lanjutkan ke Siklus II. Pada siklus II rata ratamencapai 80,2% sudah termasukkriteriabaik.

Downloads

Published

2024-08-31