Pengaruh Substitusi Tepung Oatmeal (Avena Sativa) Pada Pembuatan Tortilla Chips Terhadap Kualitas Fisik dan Daya Terima Konsumen

Authors

  • Elvina Maitri Paramita Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Ridawati Ridawati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Mariani Mariani Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i3.1370

Keywords:

daya terima konsumen, kualitas fisik, tepung oatmeal, tortilla chips

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh substitusi tepung oatmeal pada tortilla chips terhadap kualitas fisik dan daya terima konsumen. Penelitian dilakukan di Laboratorium Pengolahan Makanan, Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dimulai pada bulan September 2022 hingga Juni 2024. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah tortilla chips substitusi tepung oatmeal sebanyak 15%, 25% dan 35%. Pengujian kualitas fisik yang diuji terhadap dua aspek yaitu, ketebalan dan kekerasan yang dilakukan dengan uji Anova menghasilkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ketiga produk tortilla chips. Dilanjutkan dengan uji Duncan yang menunjukkan bahwa pada aspek ketebalan terdapat perbedaan nyata pada persentase 15% dan pada aspek kekerasan terdapat perbedaan nyata pada persentase 35%. Pengujian daya terima konsumen diuji kepada 75 panelis tidak terlatih dan pengujian ini dilakukan dengan uji Friedman yang menunjukkan bahwa aspek warna dan aroma oatmeal tidak terdapat pengaruh signifikan, sedangkan aspek aroma jagung, rasa gurih, rasa jagung, rasa oatmeal dan tekstur terdapat pengaruh signifikan sehingga dilanjutkan dengan uji Tuckey. Aroma jagung pada persentase 15% dan 35% tidak berbeda nyata, dan berbeda nyata pada persentase 25%. Rasa gurih pada persentase 15% tidak berbeda nyata dan berbeda nyata pada persentase 25% dan 35%. Rasa jagung pada persentase 15% dan 35% berbeda nyata dan tidak berbeda nyata pada persentase 25%. Rasa oatmeal pada persentase 15% dan 35% tidak berbeda nyata dan pada persentase 25% berbeda nyata. Tekstur pada persentase 15% dan 25% berbeda nyata dan pada persentase 35% tidak berbeda nyata. Produk yang disubstitusi 35% paling disukai oleh konsumen.

Downloads

Published

2024-06-30