Evaluasi Program Tahfizh dalam Mengukur Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an di SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i12.1306Keywords:
Evaluasi Program Tahfizh, Mengukur Keberhasilan, Menghafal Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini bertujuan agarmengetahui mengevaluasi program tahfizh dalam mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dan alat pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan melalu pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang diwawancarai 4 guru, dan mengamati seluruh peserta didik tahfidz SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi. Maka disimpulkan bahwa Model evaluasi program Tahfizh Al-Qur’an yang dipergunakan untuk mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur’an siswa di SMPIT Insan Mandiri Greenville, adalah menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan Daniel Stufflebeam. Karakteristik evaluasi program tahfizh yang dipergunakan dalam mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Insan Mandiri Greenville adalah valid, reliabel, relevan, representatif, praktis, deskriminatif, spesifik dan proporsional.Kriteria yang dipergunakan dalam mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur’an SMPIT Insan Mandiri Greenville adalah menggunakan standar kuantitatif dan kualitatif, yakni: a. Nilai 5 (baik sekali) program wajibdilanjutkan yaitu skor 81 – 100. b. Nilai 4 (baik) program dapat dilanjutkan yaitu skor 61 – 80. c. Nilai 3 (cukup) programdapatdilanjutkan dengan perbaikan yaitu skor 41 – 60. d. Nilai 2 (kurang) program dilanjutkan dengan mengubahstrategi pelaksanaan yaitu skor 21 – 40. e. Nilai 1 (kurang sekali) program tidak dilanjukan yaitu skor < 21.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.