Model Pembinaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Institut PTIQ Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i12.1272Keywords:
metode, model, hafalan Al-Qur'anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi pemenuhan program tahfidz Qur’an dan standardisasi serta hambatan dalam upaya pemenuhan program tahfidz dan standardisasi di Institut PTIQ Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian adalah kegiatan pembinaan Qur’ani. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian direduksi, dianalisis kemudian disimpulkan, Dalam proses pelaksanaan model-model tahfidz al-Qur’an di Ma’had dan di kampus Institut PTIQ Jakarta, baik ketua Lembaga Tahsin,Tahfidz al-Qur’an,ketua ma’ahad PTIQ besrta para musyrif,mudabbir dan para semua para dosen tahfidz al-Qur’an beserta seluruh stakeholder yang telah berupaya membina dan memotivasi seluruh mahasiswa untuk mencapai target hafalan al-Qur’an yang telah ditentukan oleh semua fakultas baik tahfidz terbatas maupun tahfidz penuh Dalam menghafal dan menjaga hafalan Qur’an pada dasarnya mengulang-ulang bacaan dan mengulang-ulang hafalan yang sudah hafal itu bagian dasar dan pokok dalam menghafal dan menjaga hafalan al-Qur’an. Serta ketekunan, keistiqamahan dalam menghafal Qur’an dan menjaga hafalan Qur’an serta mengatur waktu dengan waktu kuliah memanfaatkan waktu luang dijam-jam istirahat kuliah untuk mengulang-ulang hafalan ataupun menghafal hafalan yang baru secarakonsistenkuncidasardalammenghafal al-Qur’an
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.