COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva <p><strong>COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian</strong> <strong>Masyarakat</strong> is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social science fields. The journal is published monthly by CV. Publikasi Indonesia.</p> <p><strong>COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat</strong> highlights the existing issues that happened in various fields to empower the community. The issues including, but not limited to, increasing the community capacity, applying appropriate technology, applying research result in the community, improving the people knowledge, and also the innovation in the purpose to empower people.</p> <p><strong>Name</strong>: COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat</p> <p><strong>E-ISSN </strong>: <strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2798-5210">2798-5210</a></strong><br /><strong>P-ISSN </strong>: <strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2798-5652">2798-5652</a></strong><br /><strong>DOI : <a href="https://search.crossref.org/?q=2798-5210&amp;from_ui=yes">10.59141 </a></strong><br /><strong>Period </strong>: Monthly<br /><strong>Indexing and Abstracting </strong>: <strong><a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&amp;search_text=COMSERVA%20Indonesian%20Jurnal%20of%20Community%20Services%20and%20Development&amp;search_type=kws&amp;search_field=full_search" target="_blank" rel="noopener">Dimensions</a>, </strong><strong><a href="https://essentials.ebsco.com/search?query=IJSSR">EBSCO</a></strong><strong>, <a href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;view_op=list_works&amp;gmla=AJsN-F6pg1ZKN4KFgc9Baqtoz8nvAAnFLSAX9REJIKAyDa45VcQJao_LWk3Dhtzo3Y7zBPSGzapAQQESwo2SRT0Py0bK2qLoKoaiY5alGcgtPmP0fxi5lQ8&amp;user=GNdPqOwAAAAJ" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a></strong>, <strong><a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/24247" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a></strong><strong>, <a href="https://search.crossref.org/?q=2774-6534&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a></strong> and others in progress<br /><strong>Publication Guidelines : </strong> <strong><a href="https://publicationethics.org/guidance/Guidelines" target="_blank" rel="noopener">COPE Guidelines</a></strong><br /><strong>Publisher </strong>: CV. Publikasi Indonesia<br /><strong>1st Issues of Publication: </strong>2021</p> en-US [email protected] ([email protected]) [email protected] (Editor) Thu, 18 Sep 2025 07:48:57 +0000 OJS 3.2.1.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pendampingan Masyarakat dalam Penyusunan Peta Interaktif Desa Wisata Lebakmuncang Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/3331 <p>Desa Wisata Lebakmuncang memiliki potensi wisata agroedukasi dan budaya yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) melalui berbagai paket wisata. Meskipun penerapan smart governance melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk promosi wisata sudah dilakukan, bentuk promosi yang ada belum inovatif dan belum menampilkan atraksi serta fasilitas wisata dalam bentuk visual spasial. Kurangnya promosi berbasis peta interaktif menjadi kendala bagi wisatawan untuk memahami kondisi dan daya tarik wisata desa secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pokdarwis dalam penerapan smart governance dan promosi digital, serta menghasilkan peta interaktif desa wisata sebagai media promosi baru. Metode yang digunakan adalah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui sosialisasi, pelatihan, dan praktik penyusunan peta interaktif desa wisata. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan pokdarwis yang signifikan, terlihat dari peningkatan skor post-test sebesar 35,5%. Selain itu, kegiatan ini berhasil menghasilkan peta interaktif desa wisata dan buku panduan/tutorial editing peta interaktif yang diserahkan kepada pokdarwis sebagai media promosi digital. Implikasi dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pokdarwis dalam mengelola desa wisata secara profesional, peningkatan efektivitas promosi digital, serta kemudahan bagi wisatawan untuk memahami dan mengakses atraksi wisata di Desa Lebakmuncang.</p> Novida Waskitaningsih, Yusi Febriani, Mujio Mujio, Janthy Trilusianthy Hidayat, Prambudiantho Putro Pamungkas, Mochamad Azizul Hakim, Irma Yunita Chaniago Copyright (c) 2025 Novida Waskitaningsih, Yusi Febriani, Mujio, Janthy Trilusianthy Hidayat, Prambudiantho Putro Pamungkas, Mochamad Azizul Hakim, Irma Yunita Chaniago https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/3331 Thu, 18 Sep 2025 00:00:00 +0000 Optimisasi Kueri Terdistribusi Untuk Analisis Pola Perilaku Churn Pelanggan Internet https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/3362 <p>Industri layanan internet menghadapi persaingan ketat, sehingga perusahaan telekomunikasi perlu tidak hanya menarik pelanggan baru, tetapi juga mempertahankan pelanggan yang ada. Salah satu tantangan utama adalah churn, yaitu perilaku berhenti berlangganan, yang berdampak pada pendapatan dan biaya akuisisi. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan eksekusi kueri pada sistem basis data terdistribusi menggunakan Apache Spark SQL untuk mendeteksi pola perilaku pelanggan berisiko churn. Metode eksperimen diterapkan dengan tiga teknik optimisasi: partitioning, indexing, dan caching. Dataset terdiri dari 147.903 pelanggan dengan 21 atribut, meliputi demografi, penggunaan layanan, biaya, dan status churn. Hasil eksperimen menunjukkan peningkatan performa eksekusi kueri rata-rata 57,54% dibandingkan tanpa optimisasi. Analisis pola churn mengidentifikasi faktor utama, yaitu tenure, jenis kontrak, metode pembayaran, layanan tambahan, dan biaya bulanan, yang berpengaruh signifikan terhadap risiko berhenti berlangganan. Temuan ini mendukung teori Churn Management dan Customer Retention, menegaskan bahwa strategi berbasis data mampu memetakan pelanggan berisiko churn dengan lebih akurat. Penelitian ini tidak hanya membuktikan efektivitas optimisasi kueri dalam meningkatkan performa teknis, tetapi juga memberikan insight strategis bagi perusahaan telekomunikasi dalam merancang kebijakan retensi pelanggan yang tepat.</p> Rion Fransdela Copyright (c) 2025 Rion Fransdela https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/3362 Thu, 18 Sep 2025 00:00:00 +0000